Ajang Kreatifitas Mahasiswa vokasi Farmasi Poltekkes Permata Indonesia

Pada hari jumat (5/07/2024) mahasiswa vokasi farmasi telah sukses menggelar acara Expo dan Exam (EdanE). Acara menampilkan produk-produk berbahan alam yang diolah secara tradisional dan diwujudkan menjadi produk kekinian sesuai generasi mereka. Acara ini diadakan di halaman kampus Poltekkes Permata Indonesia Yogyakarta.

Acara yang digelar untuk pertama kalinya ini sebagai penilaian menyeluruh diakhir semester bagi para mahasiswa yang menempuh mata kuliah Obat Tradisional. Apt. Edy Suprasetya, S.Si, M.Farm.. selaku Dosen Penanggung Jawab mata kuliah tersebutlah yang menginisiasi kegiatan ini. Dengan metode ini diharapkan proses kegiatan belajar mengajar dapat lebih menarik, mahasiswa dapat mempraktekkan dengan benar bagaimana cara mengolah bahan-bahan alam yang dapat memiliki nilai guna bagi kesehatan. Mereka juga dapat memberikan edukasi mengenai ramuan tradisional kepada masyarakat umum, terutama generasi mipenial yang masih awam dengan hal ini.

Tampak dalam kegiatan ini, kreativitas mahasiswa sebagai generasi milenial dapat muncul. Terbukti dengan kreatifnya menyuguhkan tampilan ramuan tradisional menjadi kekinian dan memiliki nilai estetika. Mulai dari nama produk, kemasan, bentuk sediaan, aroma, rasa hingga cara penyajiannya pun dipikirkan matang-matang oleh mereka.

Penilaian dilakukan oleh tim dosen yang kompeten. Apt. Hanita Cristiandari, M.Farm menilai dari farmasi klinik terkait manfaat bahan alam yang digunakan. Apt. Jarot Yogi Hernawan, M.Sc dari sisi Farmatekonomi, Ratih Purwanti, S.Si, M.Sc dari sisi kimia bahan penyusun. Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa menjelaskan dengan detail terkait produk-produk mereka pada setiap pengunjung yang datang ke stan mereka. Pengunjung juga mendapat kesempatan untuk mencoba produk-produk buatan mereka. Jadi, selain pengunjung dapat memperoleh pengetahuan baru, tubuh mereka pun juga dapat merasakan manfaat langsung dari produk-produk yang dipamerkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top